15 Makanan dan Minuman Tradisional di Kabupaten Rembang Jawa Tengah

Rembang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki beragam kuliner tradisional yang menggugah selera. Mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman, semuanya memiliki cita rasa yang khas.

Berikut adalah 15 makanan dan minuman tradisional di Kabupaten Rembang Jawa Tengah yang dirangkum dari info seputar rembang wajib Anda coba:

1. Dumbeg

Dumbeg adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan air nira. Makanan ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai terompet. Dumbeg biasanya disajikan dengan kelapa parut.

2. Sate Serepeh

Sate Serepeh adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari daging ayam atau kambing yang dibumbui dengan rempah-rempah khas Rembang. Bumbu sate ini berwarna merah kekuningan dan bertekstur encer.

3. Lontong Tuyuhan

Lontong Tuyuhan adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari lontong yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu rempah-rempah. Kuah lontong ini memiliki cita rasa yang gurih dan pedas.

4. Kelo Mrico

Kelo Mrico adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari ikan laut yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu cabai. Kuah kelo mrico memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

5. Soto Rembang

Soto Rembang adalah makanan tradisional khas Rembang yang mirip dengan soto pada umumnya. Soto ini terbuat dari daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan kuah kaldu yang gurih.

6. Serabi Lasem

Serabi Lasem adalah makanan tradisional khas Lasem yang terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Serabi ini memiliki bentuk yang unik, yaitu menyerupai terompet. Serabi Lasem biasanya disajikan dengan kuah santan dan gula merah.

7. Rengginang Teri

Rengginang Teri adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari nasi yang digoreng hingga kering. Rengginang ini biasanya disajikan dengan taburan teri.

8. Lontong Sambel

Lontong Sambel adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari lontong yang disajikan dengan sambal dan lauk pauk. Sambal lontong ini biasanya terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan terasi.

9. Urap Latoh

Urap Latoh adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari latoh yang dicampur dengan bumbu urap. Latoh adalah sejenis rumput laut yang memiliki rasa yang gurih dan asin.

10. Kaoya Dudul

Kaoya Dudul adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari singkong yang digoreng dan dicampur dengan dudul. Dudul adalah sejenis makanan yang terbuat dari tepung ketan yang digoreng.

11. Dodol Kawista

Dodol Kawista adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari buah kawista yang dimasak dengan gula pasir. Dodol kawista memiliki cita rasa yang manis dan asam.

12. Jadah

Jadah adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan. Jadah biasanya disajikan dengan lauk pauk.

13. Wajik

Wajik adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan gula merah. Wajik memiliki cita rasa yang manis dan legit.

14. Tape Ketan

Tape Ketan adalah makanan tradisional khas Rembang yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi dengan ragi. Tape ketan memiliki cita rasa yang manis dan asam.

15. Wedang Secang

Wedang Secang adalah minuman tradisional khas Rembang yang terbuat dari kayu secang, gula merah, dan jahe. Wedang secang memiliki cita rasa yang manis dan hangat.

Itulah 15 makanan dan minuman tradisional di Kabupaten Rembang Jawa Tengah yang wajib Anda coba. Selamat mencicipi!

Sumber : makanan Khas Rembang