Mie Paralon Antarkan Sumberrejo Jadi Juara Lomba Masak di Bojonegoro

Mie Paralon Hantarkan Sumberrejo Jadi Juara Lomba Masak di Bojonegoro

BOJONEGORO, Lingkar.news Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur menggelar lomba masak. Lomba tersebut telah dimenangkan oleh Mie Paralon (Pangsit Patin Buah Melon).

Mie Paralon merupakan inovasi kuliner khas Bojonegoro yang maknyus dan sehat. Makanan ini hasil kreasi ibu-ibu dari Kecamatan Sumberrejo.

Salah satu kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Kecamatan Sumberrejo yang ikut melakukan proses inovasi Mie Paralon, Siti Muzayanah mengatakan, olahan Mie Paralon ini diciptakan terinspirasi dari Mie Gacoan yang saat ini menjadi favorit masyarakat khususnya anak muda.

“Karena di Kecamatan Sumberrejo khususnya bagian selatan banyak petani yang menanam buah melon, jadi saya kreasikan dan padupadankan dengan bahan lain sehingga menjadi mie,” kata Siti Muzayanah, baru-baru ini.

Sementara untuk ikan patin, menurutnya, juga banyak ditemui di daerahnya. Bahkan warga sekeliling rumahnya banyak yang membudidayakan di kolam belakang rumahnya. Jadi semua bahan-bahan memang dari bahan yang sering ditemukan Sumberrejo.

“Kita pilih ikan patin juga karena bagus untuk gizi balita,” ucapnya.

Inovasi Mie Paralon ini mendapat perhatian khusus Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah. Tak hanya itu, buah rimba/markisa hutan juga menarik perhatian publik, bahkan Bupati Anna memberi apresiasi khusus. Mie Paralon pun dipilih sebagai juara umum lomba memasak.

Bupati Anna juga berpesan Kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar terus memperhatikan untuk dibudidayakan agar menjadi potensi wisata lokal. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)